Minggu, 14 Agustus 2011

SEJARAH KOMPUTER


         Sekarang komputer telah menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Komputer yang kita kenal saat ini memiliki sejarah panjang yang dimulai dari sebuah mesin hitung sederhana. Dan berikut adalah tahapan tahapannya.

1.      Kecepatan tinggi, betuk yang kecil
Komputer bekerja karena ada kerjasama antara hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras, mereka itu benda fisik, sedangkan software berada di dalam disk dan mereka mempunyai tugas untuk memerintah komputer apa yang harus dilakukan. Cara untuk melakukan komputasi ini adalah memasukkan input dengan cara mengetik keyboard, input diakomodir oleh CPU (Central Processing Unit) dengan mengikuti perintah software. Selagi dalam proses, CPU menerima data dari RAM(Random Access Memory) atau Hard Drive. RAM modern sangat cepat. Setelah melakukan prosesnya itu, CPU mengeluarkan output di monitor.
            Sekarang, komputer adalah barang biasa, tapi dahulu, komputer hanya imajinasi dari beberapa visioner. Akar dari generasi komputer sangat banyak, jadi sulit untuk menentukan , dimana mulainya.
2.      Calculating by Steam
Pada awal abad 19, perkembangan industri sangat pesat. Saat itu, penghitungan hanya dilakukan oleh orang yang ahli matematika dan mereka yang melakukan ini disebut komputer. Tapi mereka lambat dan sering membuat kesalahan. Karena masalah inilah muncul tokoh terkenal dalam sejarah komputer, dia benama Charles Babbage. Dia pernah bersekolah di cambridge university. Dia menggambarkan rancangannya dan membuat dengan uangnya sendiri, tapi akhirnya pemerintah memberi dana untuk perkembangan mesinnya pada tahun 1823. Pada tahun 1829, dia menghabiskan 50 ribu pounds, tapi hanya mesinnya belum berhasil dibuat dan itu menuai banyak kritikan.
 Pada tahun 1832, akhirnya mesin itu selesai dibuat, tetapi itu hanya sebagian kecil dari rancangan yang dia telah buat dan pemerintah memutuskan untuk tidak memberi dana lagi. Meski kecewa, Babbage malah merencanakan untuk membuat satu buah mesin lagi yang dia sebut dengan analytical engine yang akan menjadi superior dari pendahulunya. Faktanya adalah komponen yang menyusun analytical engine banyak yang sama dengan komponen komputer modern masa kini. Pada perkembangannya, Babbage dibantu oleh seorang wanita yang bernama Eida Augusta, mereka bertemu di pesta makan malam di Inggris, karena kontribusinya Eida dikenal sebagai programmer komputer pertama. Tapi sayangnya, pada akhir masa hidup Charles Babbage mesin ia rencanakan gagal untuk dibuat.
3.      Saving The Census
Pada tahun 1800an, komputer hanyalah sebuah impian, tapi akhirnya impian itupun menjadi kenyataan. Pada saat itu, Amerika menjadi negara yang mempunyai sektor industri yang sangat kuat dan membuka tanahnya untuk para imigran. Dalam peretengahan abad 19, populasi di Amerika meningkat 35% per derkade. Jadilah Amerika melakukan sensus, tetapi sensusnya sangat sederhana, masih memakai tulisan tangan dan itu sangat lama, pernah suatu ketika, sensus menjadi kacau karena masih ada pekerjaan yang belum selesai dan itu membuat mendorong Herman Hollerith membuat punched card dan itu membuat sensud menjadi 10 kalo lebih cepat. Caranya adalah memasukkan punched card ke mesin tabulasi yang dia ciptakan juga dan mendapat hasil yang akurat. Herman menjadi bahan pembicaraan di klub para ilmuan saat itu.
4.      The Number Business
Karena tidak puas hanya menjadi mekanik, Herman lalu mecoba untuk menjadi seorang pebisnis, dan bidang yang ia coba adalah dunia perkeretaapian dengan menghitung data melalui mesinnya. Mungkin mesinnya berhasil untuk menghtiung data sensus, tetapi mesinnya tidak berhasil untuk menghitung data di industri perkeretaapaian. Dan akhirnya Herman pun hampir bangkrut, ia menjual segala yang ia punya bahkan kudanya hanya untuk merancang kembali mesinnya. Setelah dia berhasil, dia kembali ke new york central untuk menawarkan mesinnya dengan memberi gratis memakai mesinnya selama setahun. Dan setelahnya Herman pun sukses atas mesinnya di industri perkerataan, tapi akhirnya saham untuk mesinnya di jual ke Thomas Watson seharga sejuta dollar dan merubah nama perusahaannya menjadi IBM(International Business Machines).
5.      A Colossus to Solve An Enigma
Pada Perang Dunia II, Jerman, yang saat itu adalah musuh dari Inggris, mereka menukar informasi dengan sesama orang Jerman dengan mengenkripsi gelombang radio mereka agar pihak lain tidak tahu apa yang mereka bicarakan melalui mesin yang mereka ciptakan sendiri yang bernama Enigma. Tetapi akhirnya Inggris dapat menemukan atau memecahkan kode enkripsi Jerman dan mesin itu bernama Colossus, sedangkan pada saat itu, ada mesin yang akan dibangun yang terinspirasi dari mesin mesin canggih saat itu dan itu dibangun di Philadelphia.
6.      The Philadelphia Brain
Pasca serangan Jepang ke pangkalan laut Amerika, Pearl Harbour, Amerika mulai bangkit mengembangkan industri mereka. Pada 1943, tercetus penemuan mengejutkan di dunia persenjataan, Amerika menemukan Firing Tables. Penggunaan alat ini membutuhkan perhitungan, perhitungan menggunakan tabel perhitungan yang telah dibuat oleh manusia. Orang yang mengerjakan perhitungan ini disebut computer, yang artinya orang yang menghitung. Produksi tabel perhitungan berpengaruh pada produksi persenjataan, tanpa tabel perhitungan, senjata dan amunisi sulit dibuat.
John Mauchly membuat sebuah penemuan fantastis, ia membuat sebuah komputer raksasa yang dapat melakukan perhitungan sirkum trajektori dalam 100 detik. Angkatan perang Amerika bergantung pada sarana yang akhirnya mampu membuat mereka memenangi perang ini. Mackley merancang sebuah nama yaitu ENIAC yang merupakan seingkatan dari Electronic Numeric Integrator and Computer. ENIAC memiliki panjang 100 kaki, berbobot 300 ton, memiliki 70000 resistor, 10000 kapasitor. 6000 sakelar, dan 18000 lampu tabung. Dalam waktu 2 tahun, ENIAC selesai dibuat. ENIAC mampu melakukan 5000 penjumlahan, 357 perkalian, dan 38 pembagian setiap detik. Memori pada ENIAC terletak di luar, dan bekerja dengan diatur oleh manusia. Walaupun menghabiskan banyak uang dan waktu, ENIAC membuktikan bahwa komputer yang tadinya hanya imajinasi, akhirnya bisa tercipta.


7.      The Pathfinders
Setelah perang dunia kedua, John van Neumann merancang desain komputer selanjutnya. Neumann merancang sistem baru dalam penggunaan memori. Neumann mendesain memori yang terletak di dalam (internal). Komputer Neumann memiliki Processing Unit, Controlling Unit, memori, input, an output. Sistem internal memori ini membuatnya lebih mudah digunakan, karena lebih kecil. Berbeda dengan ENIAC yang berukuran besar, ENIAC sulit dibetulkan jika rusak. Komputer Neumann ini diberi nama UNIVAC.
UNIVAC bekerjasama dengan Rennington Rand, sebuah perusahaan mesin ketik yang populer. Walapun telah bekerjasama dengan Rennington Rand, penjualan UNIVAC
komputer. Keberhasilan UNIVAC memprediksi longsor es, juga membuatnya menjadi semakin dikenal masyarakat.
8.      IBM Wakes
Setelah kesuksesan UNIVAC di bidang industri komputer, banyak perusahaan yang mulai melirik bidang industri ini. Perusahaan-perusahaan ini ikut mengembangan komputer ke masa depan.
Salah satunya adalah IBM. IBM pada masa itu begerak di bidang Processing System. Pada masa sebelumnya, IBM cukup menguasai bidang komputer, dan hingga terjadi pewarisan jabatan pemimpin perusahaan dari Thomas Watson ke anaknya, Thomas Watson Jr. Watson Jr. yang tidak mau kehilangan konsumen, melanjutkan memimpin IBM dalam pengembangan komputer. IBM mendominasi bidang industri komputer mulai 1953 hingga 1960-an.
9.      The Space Race
1961, Amerika melakukan perjalanan ke luar angkasa melalui lembaga antariksa mereka, NASA. Mereka menggunalan roket untuk penerbangan itu. Pada roket itu digunakan komputer sebagai komponen pengatur dan komunikasinya.
Pada masa yang sama, ditemukan transistor oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Keunggulan transistor adalah ukurannya yang kecil, hanya membutuhkan sedikit energi  untuk bekerja, dan hanya menghasilkan sedikit panas. Berkat keunggulan ini, penemuan transistor meraih nobel.
Kemudian Jack Kilby menemukan ide revolusioner. Mereka berhasil membuat Integrated Circuit. Integrated Circuit memudahkan dalam menyusun komponen bagian dalam komputer. Namun, Integrated Circuit masih sulit dibuat dan harganya mahal.
Namun yang paling hebat adalah penemuan Microprocessor. Penemuan ini mengubah dunia untuk selamanya. Ini merupakan awal terciptanya Personal Computer yang kita gunakan sekarang.
10.  Computers on a Chip
Melalui penemuan mikroprosesor, pembuatan komputer menjadi lebih mudah, murah, dan teratur. Mikroprosesor memuat berbagai komponen komputer, diantaranya adalah Controlling Unit.
Pada pertengahan 1970 Steve Wozniak and Steve Jobs membuat ulang sebuah komputer kecil. Komputer ini dinamakan Apple 1. Lalu Mike Markkula membuat Apple 2. Apple 2 sukses besar, pembeliannya dan penggunaannya meroket.
1978, menggunakan komputer masih belum mudah. Namun sudah ditemukan keyboard dan mouse. Yang masih kurang adalah Graphical Interface atau tampilan grafis.Kemudian Xerox (sebuah perusahaan besar yang mendominasi bidang fotokopi) melalui Robert Taylor mengerahkan ilmuan-ilmuan komputer untuk berlomba menciptakan komputer yang mudah digunakan. Berkat ini, Xerox juga mendapat peran besar dalam perkembangan komputer. Steve Jobs berhasil.
11.  The Continuing Computer
Hal penting yang membuat komputer mudah digunakan adalah software. Bill Gates mengemukakan bahwa software adalah hal yang sangat peting untuk masa depan komputer.
Masa sekarang, mikroprosesor terdapat hampir di semua alat elektronik. Mikroprosesor dalam perangkat elektronik berperan besar baik di rumah tangga, industri, bahkan ilmu pengetahuan.
Revolusi ini juga berperan di bidang pendidikan di dunia. Komputer memudahkan kita untuk belajar kepada dunia. Komputer mengubah cara hidup manusia, membantu manusia mengenali dan mengeksplorasi dunianya.

Sekarang, komputer belum berhenti berevolusi. Komputer akan semakin kecil, murah, dan cepat. Komputer akan berkembang dan menjadi semakin bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar